Waspada Dan Kenali Ciri-Ciri Orang Hutang Tetapi Malas Membayar

Waspada Dan Kenali Ciri-Ciri Orang Hutang Tetapi Malas Membayar

Bank, Pinjaman Uang

Biasanya orang hutang dikarenakan banyak alasan, terutama adanya hal darurat. Misalnya, kecelakaan yang membutuhkan uang banyak untuk membayar perawatan rumah sakit, bisa juga berhutang untuk membeli sesuatu yang jumlahnya besar seperti rumah, mobil, ruko, dan lain sebagainya. Apapun alasannya, hutang tetap saja hutang, yang apabila tidak segera dilunasi akan menimbulkan masalah. Kalian bisa berada dalam posisi berhutang, atau dihutangi. Apabila di posisi dihutangi, terkadang yang berhutang adalah teman bahkan keluarga sendiri, sehingga muncul perasaan tidak enak dan tidak tega untuk menagihnya. Sampai akhirnya si penghutang merasa enak tidak ditagih dan jadi sering meminjam uang, tapi ia tidak berkeinginan membayarnya. Yang dimaksud orang hutang di sini adalah orang yang berhutang.

Waspada dan kenali ciri-ciri orang yang suka berhutang tapi malas membayarnya, berikut ciri-cirinya:

  1. Mampu, tapi gemar berhutang. Orang hutang jenis ini biasanya enggan membayar karena ia merasa lebih tinggi dibanding orang lain, dan biasanya hidupnya berkecukupan, orang terpandang, dan mulutnya manis. Tapi apabila ditagih hutangnya, dia akan tersinggung karena merasa dihina. Dia merasa tidak bersalah dan tidak kapok untuk berhutang di tempat dan orang yang sama karena sudah tidak tahu malu.
  1. Penghutang kelas teri berdalih hutang. Korban dari jenis ini bisa tetangga, teman, kerabat, atau orang-orang sekitarnya. Jumlah korbannya pun tidak sedikit, dan ia meminjam dalam jumlah sedikit, oleh karena itu dia cenderung tidak mau membayar, dan menyepelekan karena korbannya mau tidak mau akan ikhlas. Orang hutang jenis ini biasanya selalu melas, mulutnya manis, dan pandai berkelit. Orang jenis ini pun akan muncul saat ada maunya saja, dan setelahnya akan menghilang begitu saja.
  1. Si malas membayar, karena gaya hidupnya digambarkan seperti ‘besar pasak dari pada tiang’. Orang seperti ini suka tergoda dengan hal-hal yang tidak diperlukan, tapi sering lupa akan kondisi keuangannya. Ketika ditagih hutangnya, dia menghindar dan lari dari tanggung jawab.

orang hutang

  1. Gemar berhutang tapi enggan membayar. Karena merasa si pemberi hutang lebih kaya darinya, ia merasa santai tidak membayar hutangnya. Tipe ini disebut ‘pengemis berkedok hutang’. Ketika ditagih hutangnya, ia akan bilang kalau hutangnya tidak sebanding dengan kekayaan si pemberi hutang. Menghadapi orang seperti ini sebaiknya si pemberi hutang mengikhlaskannya atau tidak meminjamkannya sama sekali.
  1. Orang yang berhutang untuk keadaan darurat. Biasanya orang jenis ini membayar dengan cara mencicil, kalau pun ia belum bisa membayar, ia akan bilang dan member pengertian pada si pemberi hutang, bukannya kabur dan lari dari tanggung jawabnya.

 Itulah tipe-tipe orang yang suka berhutang. Kenalilah si penghutang terlebih dahulu sebelum memberikan hutang, dan berhati-hatilah pada orang hutang yang menjurus kea rah penipu. Kalian sebagai pemberi hutang harus tegas pada diri sendiri dan penghutang, jika anda lemah dalam mengenali orang yang ingin berhutang, pasti kalian akan terkena imbasnya, apalagi dihutangi dengan nominal yang cukup besar, bisa membuat kalian menjadi pusing tujuh keliling.

Dengan pemberitahuan mengenai orang-orang yang berhutang di atas, bukan berarti mengajarkan kalian untuk pelit dan tidak membantu sesame, ini hanya memudahkan kalian dalam mengenal jenis-jenis orang hutang, tapi jangan sampai memutus tali silaturahmi dan sikap tenggang rasa di dalam diri masing-masing. Dan pastikan kalian bukan orang yang suka berhutang dan tidak membayar seperti tipe-tipe yang telah dijelaskan diatas. Karena jangan sampai kalian menyusahkan orang lain sehingga pada akhirnya kalian terkena ganjaran dan disusahkan oleh orang lain pula.

0 comments

Leave a Reply