Tips Ketika Umroh dengan Anak, Bagi Orang Tua Wajib Tahu Ini!

Tips Ketika Umroh dengan Anak, Bagi Orang Tua Wajib Tahu Ini!

Bisnis, Investasi

Melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang mampu (materi, mental dan jasmani) serta harus memenuhi persyaratan tertentu. Namun, karena haji hanya dapat dilaksanakan 1 tahun sekali, sehingga tidak setiap orang mampu melaksanakan. Akibatnya, sebagian besar orang memilih untuk melaksanakan umroh bersama dengan keluarga termasuk anak. Akan tetapi karena Anda harus beribadah dan menjaga anak Anda dalam waktu yang bersamaan, tidak jarang hal tersebut menimbulkan kerepotan sendiri sehingga akan membuat Anda menjadi tidak khusuk saat beribadah. Walaupun terkadang merepotkan namun ternyata melaksanakan ibadah haji kecil tersebut bersama dengan anak dapat menjadi kenangan tersendiri. Selain dapat menghabiskan waktu bersama, beribadah bersama dengan anak dapat memberikan pelajaran tersendiri dan membantu untuk menanamkan spiritual dan keimanan pada anak.

Waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah suci tersebut dengan anak yaitu di bulan Desember-Januari karena memiliki suhu yang relatif sejuk jika dibandingkan dengan waktu yang lainnya. Salah satu syarat umroh adalah sehat, terutama jika Anda membawa anak. Jika usia anak Anda dibawah 5 tahun, maka diperlukan perhatian khusus karena jika tidak, selain dapat merepotkan diri Anda sendiri juga dapat mengganggu ibadah orang lain yang ada di sekitar Anda. Sedangkan jika usia anak Anda lebih dari 5 tahun, perjalanan Anda akan menjadi lebih mudah karena anak menjadi lebih mudah diatur. Hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan membiarkan anak Anda sendirian karena Mekah dan Madinah akan selalu penuh dengan jamaah dan kemungkinan anak Anda tersesat lebih besar.

umroh dengan anak

Jika diperhitungkan lewat biaya umroh, tentunya biaya menjadi lebih mahal terlebih jika Anda membawa anak Anda yang masih kecil. Biaya tersebut tidak hanya dipergunakan untuk mendapatkan hotel yang dekat dengan Masjidil Haram namun juga untuk memperoleh makanan yang cocok dan sekiranya bergizi untuk anak Anda. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan mengenai kemungkinan anak Anda menangis sehingga Anda harus menyiapkan peralatan seperti mainan anak yang mampu menghibur anak Anda ketika bosan.

Hal-hal lainnya yang harus diperhatikan saat Anda melaksanakan umroh bersama dengan anak Anda yaitu:

  • Ketika melaksanakan ibadah suci tersebut, Anda harus mengikuti serangkaian langkah dan diantarannya adalah Tawaf dan Sa’i. Untuk Tawaf, Anda tidak perlu khawatir namun jika Anda memaksakan untuk mencium hajar aswad yang ada di Ka’bah, Anda harus berfikir ulang karena mungkin dapat membahayakan anak Anda. Namun, Anda dapat menggunakan kursi roda agar lebih mudah.
  • Jangan lupa untuk memastikan jika anak Anda juga memiliki ID atau tanda pengenal sehingga dapat mudah ditemukan petugas keamanan saat Anda tidak sengaja terpisah dengan anak Anda.
  • Anda dapat mengajak anak beribadah terutama untuk yang berusia sekitar 5 tahun, setelah melaksanakan shalat subuh, dapat memberi makan burung untuk mengusir kebosanan anak.

 

Leave a Reply