Perbedaan Tentang Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan Unit Link

Perbedaan Tentang Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan Unit Link

Bisnis, Investasi

Cukup banyak orang yang menganggap bahwa tabungan pendidikan sama saja dengan asuransi pendidikan unit link. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dari segi resiko dan juga karakteristik. Karena hal tersebut, timbul masalah karena ketidakpahaman nasabah. Sebagai seorang konsumen jasa tersebut anda haruslah memahami perbedaan keduanya sebelum membeli, agar anda tidak merasa dirugikan setelahnya.

Di koran atau pun artikel, baik offline mau pun offline banyak membahas tentang asuransi pendidikan yang disalah artikan sebagai bentuk tabungan pendidikan. Ada banyak komplain mengenai ketidakpahaman seseorang yang merasa dirugikan dengan nilai tabungan pendidikan yang kurang, padahal yang ia ambil adalah asuransi pendidikan unit link yang dimasa ketika itu kinerja investasi di Indonesia memang sedang menurun.

Jika dilihat sekilas dan tidak secara teliti, kedua produk tersebut memang tampak serupa. Sama-sama menyiapkan dana dengan tujuan untuk pendidikan, memberikan proteksi asuransi dan investasi. Selain itu banyak nasabah yang memang memiliki literasi keuangan yang masih rendah. Di beberapa kantor cabang bank pun bisa anda lihat bahwa posisi tempat duduk financial advisor bancassurance yang menjual produk unit link berdampingan dengan customer service. Nasabah biasanya akan mengira bahwa financial advisor juga bertugas sama seperti customer service termasuk dalam menjual produk tabungan.

Bentuk brosur tenang asuransi pendidikan unit link dan juga tabungan pendidikan pun hampir serupa. Jika anda memperhatikan keduanya secara tidak cermat, anda pasti mengira bahwa produk yang ditawarkan sama – keduanya memberikan janji untuk mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan. Tidak heran cukup banyak yang salah pengertian tentang kedua produk tersebut. Untuk mencegah kesalahpahaman terus berlanjut, ada baiknya jika anda memperhatikan perbedaan kedua produk tersebut berikut ini;

tentang asuransi pendidikan

  • Tabungan pendidikan atau rencana pendidikan merupakan produk dari bank. Oleh sebab itu tabungan pendidikan dijamin oleh LPS (sampai jumlah tertentu dan menurut ketentuan bunga maksimum) jika bank collapse, maka anda tidak perlu khawatir dengan nilai tabungan anda, karena kerugian tersebut sudah ditanggung oleh LPS.

Sementara itu, untuk asuransi pendidikan unit link merupakan produk dari perusahaan asuransi. Bank hanya berperan sebagai agen penjual. Financial advisor yang duduk di kantor cabang bank pun bukan pegawai bank, namun pegawai perusahaan asuransi. Jika perusahaan asuransi collapse, maka bisa dipastikan bahwa asuransi anda hilang bersamaan dengan kandasnya perusahaan.

  • Tingkat keuntungan atau bunga yang anda dapatkan dari tabungan pendidikan pasti ada. Jika bank sudah menetapkan bunga tertentu, maka nasabah akan memperoleh pembayaran bunga sebesar yang sudah dijanjikan. Tidak akan lebih atau pun kurang. Sifat bunga tersebut mutlak dan nilai simpanan di tabungan tidak akan berkurang juga.

Dan untuk tingkat keuntungan di asuransi pendidikan unit link bersifat tidak pasti, semua tergantung pada investasi  yang pilih dan resiko investasi. Jika anda memilih reksadan saham sebaga instrument investasinya, maka fluktuasi harga saham dan gejolak di pasar modal yang akan mempengaruhi nilai dana investasi dalam asuransi anda. Dengan mengikuti asuransi jenis unit link anda sama saja dengan gambling, anda bisa saja rugi atau untung yang besar.

  • Nilai perlindungan dalam tabungan pendidikan memang lebih rendah jika dibandingkan dengan asuransi pendidikan. Karena premi untuk perlindungan asuransi di tabungan pendidikan biasanya gratis, bank lah yang membayar preminya, sehingga jumlah pertanggungan atau manfaat yang diperoleh terbatas. Sedangkan untuk perlindungan di asuransi pendidikan bisa dibilang nilainya tidak terbatas karena perlindungan tersebut dibayarkan oleh nasabah sendiri. Nilai pertanggungan pun tergantung pada kemampuan nasabah membayar premi.

Leave a Reply