Aturan Pinjam Meminjam yang Sesuai dengan Rukun Islam

Aturan Pinjam Meminjam yang Sesuai dengan Rukun Islam

Bank, Pinjaman Uang

Dalam agama muslim, semua hal yang berkaitan dengan pinjam meminjam pastinya akan menjadi salah satu kegiatan yang harus sesuai dengan agama. Ada banyak sekali peraturan mengenai meminjam yang akan membuat kita jadi lebih mudah dan akan menjadikan pinjaman kita ini sebenarnya akan menjadi lebih syariah juga pastinya. Oleh karena itu dalam menjalankan kegiatan meminjam ini maka ada baiknya juga untuk mengetahui dahulu apa saja yang ada dalam rukun islam ini yang akan membuat kita jadi lebih mudah pastinya.

Jangan pernah ragu dalam menggunakan kesempatan meminjam ini namun pastikan juga untuk kita tahu cara peminjaman yang baik dalam rukun islam ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang diatur diantaranya:

  1. Bagi mereka yang memberikan pinjaman ini maka diwajibkan sekali untuk ikhlas dalam memberikan pinjaman. Selain itu juga bagi mereka yang meminjamkan juga harus memastikan bahwa dalam memberikan pinjaman ini tidak ada paksaan dari pihak manapun sehingga pinjaman ini tidak bermasalah.
  2. Barang atau uang yang dipinjamkan haruslah milik sendiri dan tidak memiliki masalah dengan orang lain. Hal ini yang dapat membuktikan bahwa pinjaman ini adalah halal.
  3. Untuk mereka yang meminjam ini harus memanfaatkan pinjaman ini dengan sebaik-baiknya dan juga tidak mengambil keuntungan sedikit pun dari apa yang diberikan oleh peminjaman ini.
  4. Barang atau yang diberikan maka harus memiliki sifat yang kekal atau tidak akan habis. Seperti halnya adalah makanan maka ini sangat dilarang sekali dalam pinjaman ini karena akan habis juga.
  5. Harus melalui akad, ini merupakan tahap akhir dalam peminjaman dimana akan ada kesepakatan antara peminjam yang merupakan hal penting dalam kasus peminjaman barang ini.

pinjam meminjam

Jika sudah melihat beberapa hal mengenai pinjam meminjam sesuai dengan rukun islam ini maka kita akan tahu apa saja hal yang bisa dipinjamkan dan tidak. Pastinya jika kita menjalankan rukun ini dengan baik pinjaman kita akan sangat berguna. Pinjaman yang halal merupakan hal yang wajib sekali dalam muslim sehingga ini akan sangat membantu kita dalam menjalankan syariat islam juga.

Tidak hanya rukun islam saja, pada saat peminjaman ini juga ada hukum islam yang akan mengatur kegiatan peminjaman ini agar lebih sempurna. Berikut ini adalah hukumnya antara lain:

  • Hukum ini Sunnah, jadi hukum ini merupakan sebuah asal-usul dari pinjaman.
  • Hukum ini haram, hal ini bisa terjadi jika kita yang meminjam barang ini memiliki tujuan yang sangat buruk salah satunya adalah untuk kemaksiatan.
  • Hukum ini wajib, maksud dari hukum ini adalah kita wajib memberikan pinjaman pada mereka yang sangat membutuhkan pertolongan.

Melihat adanya beberapa peraturan dan juga hal yang membuat proses peminjaman ini juga menjadi hal yang sacral. Oleh karena itu bagi mereka yang muslim sangat penting sekali dalam meminjam sesuai dengan rukun dan hukum yang berlaku ini. Jangan sampai salah karena memang dengan pinjaman ini maka kita akan lebih mudah juga.

Kebanyakan jenis pinjaman saat ini juga sudah beragam sekali dan bahkan saat ini sudah menggunakan bank sebagai salah satu perantara nya. Pinjam meminjam ini memang menjadi salah satu kegiatan umum yang dilakukan oleh beberapa orang saat ini. Jadi pastikan kegiatan ini juga terarah dengan baik dan sesuai dengan apa yang sudah diperintahkan.

Leave a Reply