Cara Memilih Peminjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Terbaik

Cara Memilih Peminjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Terbaik

Bisnis, Pinjaman Uang

Sekarang ini banyak cara untuk mendapatkan peminjaman modal usaha tanpa jaminan. Modal usaha diperlukan oleh orang yang ingin mulai atau mengembangkan usaha yang dimiliki akan tetapi tidak ingin mengeluarkan jaminan asetnya. Banyak kredit tanpa agunan yang ditawarkan baik oleh bank resmi maupun jasa peminjaman uang online yang sistemnya akan lebih mudah dibanding dengan bank konvensional. Selain itu juga ada bank syariah atau koperasi syariah yang tidak menerapkan bunga pengembalian kepada nasabah.

Ada beberapa instansi ataupun tempat lain yang bisa dijadikan untuk alternatif untuk meminjam modal usaha:

  • Koperasi

Perusahaan akan memberikan pinjaman kepada karyawannya apalagi koperasi yang berasaskan mensejahterakan para anggota. Sehingga yang sudah menjadi anggota koperasi dapat mengajukan pinjaman untuk modal memulai atau mengembangkan usaha.

  • Kredit tanpa agunan

KTA merupakan produk layanan di bank yang dapat dipinjam oleh nasabah yang memenuhi syarat umum maupun syarat dokumen yang telah ditentukan. Sistem ini tidak membutuhkan jaminan untuk peminjamannya sehingga akan lebih meringankan penguasa untuk mendapat modal.

  • Meminjam pada personal

Apabila Anda tidak ingin memikirkan soal bunga, maka meminjam kepada teman atau keluarga bisa menjadi salah satu solusinya. Akan tetapi pinjaman yang akan diperoleh memang tidak sebesar dengan instansi resmi peminjaman uang seperti bank.

  • Mencari investor usaha

Menemukan investor untuk mendanai usaha yang akan dibangun adalah salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk mendapat modal tanpa memerlukan jaminan. Selain itu dana yang akan didapat juga lebih besar daripada meminjam kepada personal yang memiliki keterbatasan dana.

peminjaman modal usaha tanpa jaminan

Bunga merupakan hal yang menjadi pertimbangan bagi nasabah ketika akan melakukan peminjaman. Utamanya hal ini sangat diperhitungkan oleh pengusaha yang akan meminjam dana dalam jumlah yang besar sehingga bunga yang harus dibayar juga tidak kecil. Padahal tujuan utamanya adalah untuk memulai sebuah bisnis agar mendapatkan keuntungan tetapi laba yang didapat tersebut bisa habis hanya untuk membayar bunga bank. Oleh karena itu peminjaman modal usaha tanpa jaminan lebih tepat kepada investor yang bersedia untuk memberi dana sebagai modal usaha tanpa bunga yang harus dibayar oleh pengusaha.

Langkah pertama untuk mendapatkan modal pada investor adalah dengan membuat rencana bisnis yang matang. Investor tentu akan lebih tertarik pada rencana usaha yang dipikirkan secara matang dan menjanjikan keuntungan kedepannya. Sebagai pemberi pinjaman investor tentu ingin dana yang telah dikeluarkannya dikembalikan, dengan kata lain investor hanya akan memilih peluang bisnis dengan prospek yang bagus untuk waktu yang akan datang. Setelah memikirkan usaha yang akan dilakukan langkah selanjutnya ialah untuk membuat proposal bisnis yang jelas. Proposal usaha yang bagus dan jelas akan membuat investor tertarik untuk melihatnya dan kemudian bisa untuk di presentasikan.

Dalam proposal usaha tersebut harus menjelaskan mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman usaha yang telah dikalkulasikan sebelumnya serta memberikan solusi yang realistis untuk permasalahan tersebut. Langkah selanjutnya adalah menawarkan proposal yang telah disusun sedemikian rupa kepada orang yang potensial. Pastikan untuk menawarkan proposal tersebut pada orang atau perusahaan yang memiliki kepentingan yang sama dengan usaha yang akan dilakukan.

Terakhir untuk mendapatkan peminjaman modal usaha tanpa jaminan melalui investor adalah dengan meyakinkan calon investor dengan sebuah perjanjian yang sah dimata hukum. Dalam penandatanganan kontrak akan memerlukan notaris bila dana yang dikeluarkan investor jumlahnya besar. Hal ini untuk meyakinkan bahwa perjanjian bisnis yang akan dilakukan aman dan menguntungkan kedua belah pihak.

Leave a Reply