Berbagai Macam Negara Dengan Nilai Tukar Mata Uang Terendah

Berbagai Macam Negara Dengan Nilai Tukar Mata Uang Terendah

Bank, Investasi

Nilai tukar mata uang atau yang biasanya disebut sebagai kurs mata uang pada dasarnya merupakan hal yang tergantung pada prinsip penawaran (supply) dan permintaan (demand). Semakin tinggi permintaan dari mata uang tersebut, akan semakin tinggi pula nilai tukarnya. Lalu sebalinya, jika penawaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan permintaan, akan menyebabkan nilai tukar mata uang suatu negara menjadi rendah.

Jika mata uang di suatu negara menjadi rendah, berarti nilai tukar mata uang negara tersebut lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. Yang menyebabkan nilai tukar mata uang menjadi rendah adalah karena terjadinya defisit pada neraca perdagangan, suku bunga yang rendah dan juga hutang publik, serta kondisi ekonomi dan politik pada negara tersebut. Kalau memiliki kurs mata uang rendah sama saja dengan memiliki nilai mata uang termurah.

Pada tahun 2009, dolar Zimbabwe menjadi mata uang dengan nilai tukar terendah di dunia. Untuk 1 USD bisa mencapai Z$ 300.000.000.000.000. Namun pada bulan April 2009, pemerintah Zimbabwe secara resmi meninggalkan mata uangnya sendiri dan mulai menggunakan mata uang asing dalam bertransaksi. Ada banyak mata uang yang digunakan oleh Zimbabwe, antara lain; Rand, Bula, Rupee India, Pound Sterling, Euro, Yuan, dan Dolar.

Untuk saat ini masih ada beberapa negara yang memiliki nilai tukar mata uang terendah di dunia, antara lain sebagai berikut:

nilai tukar mata uang

  • Rial Iran

Rial Iran yang memiliki kode mata uang IRR merupakan mata uang yang memiliki nilai tukar terendah. Untuk 1 USD sama dengan 30.093 IRR, sedangkan jika dihitung dalam rupiah, 1 IDR sama dengan 2,2698 IRR.

  • Dong Vietnam

Vietnam yang merupakan salah satu negara bagian dari ASEAN (Assosiation of South East Asian Nation) ini ternyata memiliki nilai tukar mata uang yang terendah. Dong Vietnam yang memiliki kode VND ini jika di tukar dengan 1 USD sama dengan 22.295 VND, sedangkan jika dalam rupiah, 1 IDR sama dengan 1,6816 VND.

  • Dobra Sao Tome

Negara Sao Tome yang memiliki mata uang bernama Dobra dengan kode STD ini merupakan mata uangd dengan nilai tukar terendah. Negara yang berada di benua Afrika ini memiliki nilai tukar dengan 1 USD sama dengan 21.997 STD, sedangkan dalam rupiah, untuk 1 IDR sama dengan 1.6591 STD.

  • Ruble Belarus

Negara Belarus yang merupakan negara di benua Eropa ini memiliki mata uang dengan nilai tukar terendah. Yaitu untuk 1 USD senilai dengan 20.020 BYR, sedangkan dalam rupiah mencapai 1,51 BYR untuk tiap 1 Rupiah.

  • Rupiah Indonesia

Ternyata mata uang negara kita yaitu Rupiah merupakah salah satu mata uang dengan nilai tukar mata uang yang terendah. Saat ini nilai tukar Rupiah memang tengah mengalami penuruan. Namun dari pemerintah sendiri telah melakukan intervensi guna menyeimbangkan kembali kurs mata uang negara kita. Untuk 1 USD setara dengan Rp 13.258. Namun dari berbagai ahli ekonomi telah memprediksi bahwa Rupiah akan mengalami peningkatan untuk tahun 2017. Ketidak stabilan nilai tukar Rupiah di pasar dunia juga dikarenakan pemilihan presiden Amerika Serikat pada akhir tahun lalu, yaitu pada Desember 2016. Dimana cukup banyak investor internasional yang menarik sahamnya dari perusahaan-perusahaan di Indonesia. Namun pasalnya, tidak hanya Indonesia saja yang mengalami gejolak tersebut, negara-negera lain juga mengalami hal yang sama pada kurs mata uangnya.

 

Leave a Reply