Nama-Nama Perusahaan Asuransi di Indonesia dengan Premi Tertinggi

Nama-Nama Perusahaan Asuransi di Indonesia dengan Premi Tertinggi

Bisnis, Investasi

Asuransi berasal dari kata bahasa Inggris yaitu insurance yang artinya pertanggungan. Asuransi merupakan suatu perjanjian antara yang tertanggung atau nasabah dengan yang menanggung atau penanggung atau perusahaan asuransi. Dalam perjanjian tersebut, disebutkan bahwa pihak penanggung bersedia menanggung sejumlah kerugian yang mungkin terjadi di waktu mendatang setelah pihak tertanggung menyepakati pembayaran uang yang disebut premi. Premi adalah uang yang dikeluarkan oleh pihak tertanggung sebagai imbalan kepada pihak penanggung.

Secara formal, menurut KUHD pasal 246 tertulis bahwa “asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk penggantian kepadanya karena suatu kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tentu.”

Banyak perusahaan asuransi yang berdiri di Indonesia. Asuransi pun banyak jenisnya, diantaranya: asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi kepemilikan dan properti, asuransi kendaraan, dan asuransi kerugian. Asuransi Prudential, Asuransi Jiwasraya, dan Asuransi Manulife adalah tiga nama perusahaan asuransi di Indonesia yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Di Indonesia terdapat DAI (Dewan Asuransi Indonesia). Dimana DAI berfungsi sebagai wadah tunggal bagi perusahaan asuransi jiwa, kerugian atau reasuransi dan sosial baik milik negara, swasta nasional, maupun joint venture. DAI memberikan peluang kepada anggotanya untuk membentuk asosiasi sesuai bidang usahanya. Dengan begitu, DAI bertujuan untuk menampung atau memayungi seluruh asosiasi perasuransian baik asosiasi dalam bidang usaha asuransi dan asosiasi penunjang usaha asuransi. Diharapkan agar asosiasi sejenis dimaksud dapat fokus dan berkiprah memperjuangkan kepentingan sektornya.

Saat ini anggota DAI (Dewan Asuransi Indonesia) sudah memiliki enam anggota, yaitu AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia), AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia), AAJSI (Asosiasi Asuransi Jaminan Sosial Indonesia, APKAI (Asosiasi Penilai Kerugian Asuransi Indonesia), APPARINDO (Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi & Reasuransi Indonesia, dan AASI (Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia).

Berikut kami sebutkan beberapa nama perusahaan asuransi di Indonesia dengan Premi Bruto antara Rp 50 milyar hingga Rp 200 milyar:

nama perusahaan asuransi di Indonesia

  1. Asuransi Bintang
  2. Asuransi Samsung Tugu
  3. Asuransi Permata Nipponkoa Indoneia
  4. Tugu Kresna Pratama
  5. ACE Insurance
  6. Asuransi Parolamas
  7. Asuransi Bringin Sejahtera Art Amakimur
  8. Asuransi Himalaya Pelindung
  9. Panin Insurance
  10. MNC Life Insurance (MNC Life)
  11. Sarana L1ndung Upaya
  12. Asuransi Bangun Askrida
  13. Asuransi Axa Indonesia
  14. Asuransi Purna Artanugraha
  15. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967
  16. Asuransi Ramasatriawibawa
  17. Asurandi Jasa Tania
  18. Asuransi Multi Artha Guna
  19. Citra International Underwriters
  20. Sompo Japan Insurance Indonesia
  21. Asuransi Kredit Indonesia
  22. Asuransi Takaful Umum
  23. Asuransi Qbe Pool Indonesia
  24. Maa General Assurance
  25. Asuransi Umum Mega
  26. Lippo General Insurance
  27. Asuransi Bina Dana Arta
  28. Asuransi Eka Lloyd Jaya
  29. Asuransi Aegis Indonesia
  30. Asuransi Prudential
  31. Asuransi Buana Independent
  32. Asuransi Ekspor Indonesia

Itulah beberapa nama perusahaan asuransi di Indonesia yang bisa Anda jadikan sebagai opsi untuk penjamin perlindungan masa depan Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply