Menghitung Biaya Ibadah Haji Agar Ibadah Kita Semakin Khusyuk

Menghitung Biaya Ibadah Haji Agar Ibadah Kita Semakin Khusyuk

Bisnis, Investasi

Melaksanakan ibadah haji adalah kewajiban umat muslim. Seseorang yang diwajibkan untuk melaksanakan ibadah ke tanah suci adalah seseorang yang telah memenuhi syarat ibadah haji. Salah satu syarat ibadah ke tanah suci yaitu memiliki kemampuan, baik dari segi mental maupun fisik. Selain itu, kemampuan yang dimaksud lainnya yaitu meliputi kemampuan untuk memenuhi biaya yang diperlukan selama ibadah di tanah suci. Seseorang yang belum memiliki kemampuan dalam hal-hal tersebut tidak perlu memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah di tanah suci. Namun upaya dan usaha yang keras untuk bisa memenuhi syarat kemampuan ibadah tetap harus dilakukan agar ibadah tetap bisa dikerjakan suatu saat nanti.

Selain mampu, ada beberapa syarat lainnya yang mewajibkan seseorang untuk beribadah ke tanah suci. Berikut ini semua syarat haji yang harus dipenuhi oleh setiap umat muslim yang akan pergi ke tanah suci, antara lain:

  • Beragama Islam.
  • Berakal sehat.
  • Baligh atau dewasa.
  • Orang yang merdeka.
  • Memiliki kemampuan untuk melaksanakan ibadah, baik dari segi kesehatan fisik, kesiapan mental dan pembiayaan selama melakukan ibadah.

Seperti yang Kita tahu, biaya ibadah haji ke tanah suci tidaklah sedikit. Sebagian kalangan bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya untuk memenuhi biaya untuk beribadah ke tanah suci. Karena itulah seseorang yang sudah masuk dalam kategori mampu dan memenuhi semua syarat yang disebutkan tadi harus segera melaksanakan ibadah untuk menyempurnakan rukun Islam yang dijalani. Namun bagi Anda yang belum memenuhi syarat tersebut, Anda tetap harus optimis untuk melaksanakan ibadah dan tetap berjuang dalam mempersiapkan diri, fisik dan biaya yang memadai agar ibadah ke tanah suci bisa terealisasi.

Untuk mempersiapkan biaya yang diperlukan selama melakukan ibadah di tanah suci, Anda harus mengetahui kebutuhan apa saja yang harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini beberapa biaya yang harus dipenuhi untuk menjalankan ibadah di tanah suci, antara lain:

  1. Biaya ongkos ke tanah suci, meliputi biaya transportasi, biaya akomodasi, biaya makan dan lain-lain.
  2. Biaya nafkah keluarga di tanah air, meliputi biaya makan, biaya sehari-hari, biaya kebutuhan anak dan lain-lain.
  3. Biaya tak terduga, misalnya seperti biaya untuk belanja oleh-oleh dan lain-lain.

Jika dihitung dan ditotal, tentu saja biaya tersebut tidak sedikit. Artinya, Anda harus melakukan upaya yang lebih giat agar seluruh biaya tersebut terpenuhi. Caranya, Anda bisa menabung secara rutin atau membuka tabungan ibadah haji. Anda juga bisa melakukan investasi syariah yang dapat menghasilkan manfaat yang baik dan positif. Seiring berjalannya waktu, tentu saja beribadah ke tanah suci bukanlah hal yang mustahil untuk di realisasi apabila upaya dan doa yang dilakukan selalu dijalani dengan baik.

 

Leave a Reply