Cara Jitu Yang Bisa Dilakukan Untuk Dapat Jalan Keluar Dari Hutang

Cara Jitu Yang Bisa Dilakukan Untuk Dapat Jalan Keluar Dari Hutang

Bisnis, Pinjaman Uang

Sebagian dari kita pasti pernah berhutang kepada orang lain, bank dan sebagainya. Jika bisa terbayarkan tidak ada masalah, lalu apa yang terjadi apabila kita tak bisa melunasinya? Sudah pasti stress, gelisah, terus kepikiran dengan hutang tersebut. Kerja menjadi tidak focus, hutang itu terus menghantui kita sebelum terlunaskan. Nah, di bawah ini adalah beberapa jalan keluar dari hutang.

  1. Niat

Niat kan diri anda untuk melunasi hutang anda. Ini sangatlah penting dengan niat yang teguh kita pasti akan bersungguh – sungguh dalam mengerjakan sesuatu. Jika tidak bersungguh – sungguh, percayalah hutang anda tidak akan pernah terlunaskan, yang ada mungkin malah bertambah.

  1. Buat Daftar Hutang

Jika anda memiliki utang di lebih dari satu tempat, ada baiknya membuat daftar agar anda dapat mengontrol dan sekalian menjadi pengingat untuk segera dilunasi. Tulis hutang mulai dari bunga tinggi, sedang, rendah, dan tanpa bunga.

  1. Jangan Menyelesaikan Hutang Dengan Hutang

Janganlah anda membayar hutang dengan pinjaman lagi apalagi yang berbunga, itu hanya akan memperkeruh situasi anda. Cobalah untuk menyelesaikannya dengan usaha anda sendiri, dengan hasil keringat anda sendiri.

  1. Berhematlah

“Hemat pangkal kaya”, tapi di sini hemat dapat membantu anda dalam membayar hutang – hutang anda. Mulailah berhenti membeli sesuatu yang tidak perlu, usahakan uang anda hanya untuk keperluan yang penting saja. Lalu sisa uang tersebut bisa anda kumpulkan untuk membantu membayar hutang anda.

  1. Cari Penghasilan Tambahan

Jika penghasilan perbulan anda tidak mencukupi untuk melunasi cicilan semua hutang yang anda miliki, ada baiknya untuk mencari penghasilan tambahan baik usaha online atau offline. Dengan ini, anda bisa mempercepat pelunasannya. Anda bingung usaha apa yang akan anda lakukan? Mulailah dari hobi atau keahlian yang dimiliki.

jalan keluar dari hutang

  1. Prioritaskan Pembayaran

Prioritaskan membayar hutang dengan bunga tertinggi dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari tumpukan hutang yang akan membebani keuangan anda perbulannya. Sedangkan untuk hutang dengan bunga yang lebih ringan atau tanpa bunga, anda bisa membayarnya dengan jumlah minimal. Strategi ini dilakukan untuk menghindari kejaran Debt Collector, pastinya anda tidak ingin ini terjadi bukan?

Setelah hutang dengan tingkat suku bunga paling tinggi lunas, selanjutnya prioritaskan lunasi hutang dengan bunga sedang, lalu rendah, kemudian tanpa bunga.

  1. Jual Barang Anda

Jika dibutuhkan, jualah barang – barang anda, seperti mobil, motor, alat elektronik dan lainya. Demi melunasi hutang yang terus mengejar anda, sebanding bukan?

  1. Masih Belum Lunas, Mungkin Harus Jual Aset

Ada sebab, ada akibat. Sebab terlalu konsumtif sampai-sampai rela berhutang, akibatnya kesulitan untuk membayar. Jika segala cara di atas sudah dilakukan, tetapi belum juga dapat dilunasi, anda harus merelakan aset yang dimiliki. Cara ini memang terlihat sadis, tapi ini demi kenyaman anda. Contohnya, anda memiliki deposito dengan bunga (keuntungan) 4%/ tahun, sedangkan bunga kartu kredit bisa 36% pertahun atau lebih karena bunga berbunga. Dengan ini sudah jelas akan rugi jika tetap mempertahankan deposito tersebut, lebih baik anda korbankan depositonya untuk membayar tagihan kartu kredit.

  1. Berdoa

Berdoa lah kepada Tuhan untuk kelancaran, kemudahan segala urusan anda. Maksimalkan usaha anda dengan berdoa dan usahakan lah tetap bersedekah.

Itulah beberapa jalan keluar dari hutang. Jika anda berani berhutang berarti anda berani dengan resiko nya. Jika anda berhutang karena terlalu konsumtif, itulah resiko yang harus dibayar pada akhirnya anda tidak memiliki apa – apa. Berhentilah hidup terlalu konsumtif dan perbanyak sedekah. Semoga tulisan di atas bermanfaat.

Leave a Reply