Mengetahui Harga Gadai Emas di Pegadaian Dengan Cara Pinjamannya

Mengetahui Harga Gadai Emas di Pegadaian Dengan Cara Pinjamannya

Investasi, Pinjaman Uang

Ketika sudah mendekati hari raya besar seperti Hari Raya Lebaran atau Hari Raya Natal, kantor Pegadaian akan membludak nasabah. Kantor akan dipenuhi dengan masyarakat yang membutuhkan uang guna menyambut hari raya pada saat itu. Pada hari Lebaran, biasanya kebutuhan rumah tangga semakin meningkat. Pengeluaran pun tidak hanya untuk keluarga sendiri, namun untuk sanak saudara. Jika anda memperhatikan, kebanyakan orang yang datang ke Pegadaian adalah ibu rumah tangga yang hendak ingin mengetahui harga gadai emas di pegadaian. Emas dijadikan jaminan atas uang yang mereka pinjam. Menggadaikan emas memang lebih mudah dan tidak merepotkan baik untuk nasabah maupun pegawainya. Selain itu, menggadaikan emas akan lebih dihargai karena harga emas stabil, bahkan cenderung naik harganya.

Menggadaikan emas di Pegadaian merupakan hal lumrah pada setiap tahun. Lagi pula Pegadaian memang sebuah lembaga keuangan mikro berbasis gadai dan fiducia yang sasarannya merupakan masyarakat kelas menengah ke bawah. Dengan cukup banyaknya masyarakat menengah ke bawah yang memang mudah dan cukup sering tertimpa masalah keuangan, Pegadaian menjadi sebuah leasing non bank yang popular di Indonesia.

Misi Pegadaian:

  1. Membantu program pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya golongan menengah ke bawah dengan memberikan solusi keuangan yang terbaik melalui penyaluran pinjaman skala mikro, kecil dan menengah atas dasar hukum gadai dan fidusia.
  2. Memberikan manfaat kepada pemangku kepentingan dan melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten.
  3. Melaksanakan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya.

Persyatan untuk gadai emas di Pegadaian sangatlah mudah, anda hanya perlu menyerahkan salinan identitas diri (KTP) dan membawa emas yang hendak anda gadaikan. Untuk biaya gadai atau bunga yang diberikan, berupa bunga flat. Pada Pegadaian Syariah, bunga flat berlaku per 10 hari masa pinjaman, sedangkan untuk Pegadaian Konvensional dihitung per 15 hari masa pinjaman. Jadi jika sudah melewati batas hari tersebut bunganya akan bertambah.

Jika anda memilih untuk menggadaikan emas di Pegadaian Syariah, maka masa penitipan barang adalah selama 4 bulan. Kalau anda ingin memperpanjang masa penitipan barang, anda hanya perlu memperpanjang biaya sewa. Selain itu, anda juga bisa melakukan cicilan untuk pinjaman tersebut sehingga jumlah pinjaman anda berkurang. Contohnya; jika anda meminjam sebanyak Rp 2.500.000 dan kemudian anda membayar cicilan sejumlah Rp 1.000.000 maka sisa uang pinjaman anda adalah sebanyak Rp 1.500.000.

Saat anda menggadaikan emas di Pegadaian, anda akan dikenakan biaya administrasi yang jumlahnya disesuaikan dengan besar nominal pinjaman anda. Yaitu sebagai berikut:

  1. Rp 100 rb s/d Rp 5 jt = Rp 15.ooo
  2. Rp 5,010 jt s/d R 10 jt = Rp 25.000
  3. Rp 10,10 jt s/d Rp 20 jt = Rp 40.000
  4. dan seterusnya (biaya administrasi terus bertambah tergantung nilai pinjaman

Harga Gadai Emas di Pegadaian

Bagaimana cara mengetahui harga gadai emas di Pegadaian ? Pegadaian menetapkan harga yang sama untuk tiap emas yang di gadaikan, yaitu sebesar 85% dari harga emas. Jadi jika emas yang anda bawa ditaksir sebesar Rp 1.000.000 maka harga gadai emas di Pegadaian yang anda miliki sebesar Rp 850.000.

Sedangkan untuk biaya penitipan, Pegadaian menggunakan rumus sebagai berikut; Taksiran / Rp 10.000 X 79 (nilai 79 bisa berubah menjadi 73 atau bahkan dibawahnya jika pinjaman semakin rendah dari nilai taksiran). Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut;

Emas kita ditaksir pegadaian syariah bernilai 1 jt, maka nilai pinjaman maksimal

85 % x Rp 1.000.000 = Rp 850.000

misalnya kita ingin mengambil nilai peminjaman maksimal maka Biaya penitipan per 10 hari adalah

Rp 1 jt / Rp 10 rb x 79 = Rp 7.900 /10 hari

Jadi jika misalnya kita menggadai emas dalam masa 15 hari maka jumlah yang akan dibayarkan adalah

Rp 15.000 (dibayar dimuka) + Rp 850.000 + (2 x Rp 7.900) = Rp 880.800

Jika kita ingin menggadai lebih lama maka tinggal mengalikan saja nilai penitipan (dihitung per 10 hari)

Itulah hal-hal apa saja yang harus anda ketahui ketika anda hendak menggadaikan emas anda di Pegadaian. Jika anda hanya ingin berkonsultasi perihal harga gadai emas di Pegadaian sebelum melakukan gadai, anda bisa melakukan simulasi gadai emas yang ada di situs Pegadaian atau langsung mendatangi kantor cabang Pegadaian terdekat di kota anda.

Leave a Reply