Ingin Kredit Emas? Simak Beberapa Hal Yang Harus Anda Diketahui!

Ingin Kredit Emas? Simak Beberapa Hal Yang Harus Anda Diketahui!

Bisnis, Investasi

Sebagai logam mulia, emas sangat populer investasi. Harganya yang stabil itulah membuat investasi emas sering dilakukan. Harga uang bisa berubah, demikian juga dengan properti dan barang fisik lainnya, namun emas adalah salah satu barang yang harganya cenderung sama dan stabil. Bagi Anda yang tertarik berinvestasi, kredit emas bisa membantu dalam memulai investasi. Kredit ini pada dasarnya adalah membeli emas, dengan cara mencicilnya secara kredit sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Ada berbagai macam ukuran emas, mulai dari 1 gram hingga bahkan sampai dengan 100 gram. Sebagai sarana untuk investasi, emas merupakan produk yang aman, jauh lebih aman dibandingkan berinvestasi dengan mata uang asing yang harganya cenderung berubah sewaktu-waktu.

Namun jika Anda tertarik untuk berinvestasi dalam kredit emas, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu, yaitu:

  1. Tidak semua emas qualified

Emas yang dapat digunakan dalam melakukan kredit ini merupakan emas yang diproduksi dari PT Antam. Ingin membeli perhiasan emas sebagai investasi? Hal tersebut tidak berlaku.

  1. Emas disimpan bank atau lembaga

Anda tidak akan melihat emas yang Anda miliki sampai Anda sudah membayar luas cicilan Anda. Selama itu, emas akan disimpan oleh bank, atau oleh pegadaian.

  1. Gagal membayar, emas disita

Jika Anda ternyata tidak mampu untuk membayar angsuran bagi emas Anda tersebut, maka emas menjadi milik bank atau lembaga, dan dilelang.

  1. Siapkan dana

Tetap siapkan dana atau uang muka untuk membeli emas, karena bank hanya akan membiayai sebesar maksimal 80% dari harga emas tersebut.

kredit emas

Dalam melakukan kredit seperti ini, seperti juga halnya dengan kredit lain, selalu ada resiko yang patut untuk Anda waspadai dan cermati, terutama:

  • Harga turun

Meski emas adalah barang yang mempunyai harga stabil, namun tetap saja ada faktor-faktor yang bisa mempengaruhi besarnya harga dari emas tersebut. Karena itu, ada resiko ketika Anda selesai melunasi emas, ternyata harganya justru turun, atau tidak berubah sama sekali sehingga Anda ternyata merugi.

  • Emas tidak diberikan

Terkait dengan paragraf sebelumnya, Anda tidak akan melihat emas Anda sebelum Anda membayar lunas semuanya, dan Anda mempunyai sertifikat di tangan. Jika ternyata bank atau lembaga di mana Anda mengambil kredit tidak bisa dipercaya, bisa jadi mereka justru membawa kabur emas Anda, atau tidak memberikannya sama sekali.

Karena it, dalam melakukan kredit emas, Anda harus sangat berhati-hati. Pastikan bahwa bank atau lembaga yang Anda pilih sudah mempunyai reputasi yang kredibel, terutama dalam soal emas. Selain itu, jika Anda ingin menghindari resiko dalam penurunan nilai, ambillah kredit jangka pendek. Menggunakan cara ini, Anda bisa menghindari terjadinya fluktuasi yang kemungkinan terjadi.

Leave a Reply