Beberapa Alasan Meminjam Uang Dan Bagaimana Cara Melunasi Hutang

Beberapa Alasan Meminjam Uang Dan Bagaimana Cara Melunasi Hutang

Bisnis, Pinjaman Uang

Di era modern ini, meminjam uang sudah bukan hal yang tabu lagi untuk dilakukan. Orang-orang sudah tidak segan lagi mengajukan pinjaman kepada kerabat dekat maupun mengambil produk pinjaman bank untuk berbagai kebutuhan mereka dan menyebabkan mereka memiliki hutang yang perlu dibayar. Sebenarnya, meminjam uang itu sah-sah saja apabila uang hasil pinjaman itu dikelola dengan baik. Namun, tidak sedikit juga yang mensalahgunakan pinjaman tersebut dan menyebabkan kerugian bagi diri mereka sediri. Kalau sudah begitu, mereka yang terjebak hutang piutang tersebut akan kebingungan dalam mencari bagaimana cara melunasi hutang.

Meminjam uang saat ini seakan menjadi pedang bermata dua yang bisa memberikan kita keuntungan ataupun menjerumuskan kita kedalam belenggu hutang. Untuk itu, kita mesti pandai dalam membaca situasi, apakah kita benar-benar harus meminjam dan menanggung beban hutang atau tidak. Berikut ini adalah beberapa alasan yang tepat untuk melakukan peminjaman uang.

  1. Untuk memenuhi kebutuhan mendesak

Kita seringkali dihadapkan pada sebuah permasalahan mendadak dan mengharuskan kita mencari dana segar. Misalnya saja, kita tiba-tiba mendapatkan musibah, anak kita sakit keras, ataupun atap rumah kita banyak yang bocor. Jika hal yang tidak disangka-sangka ini muncul ketika kita tanpa persiapan, tentu jalan satu-satunya untuk kita adalah dengan mencari dana. untuk alasan seperti ini, meminjam uang adalah sebuah keputusan yang tepat.

  1. Merintis & mengembangkan usaha

Meminjam uang adalah sebuah hal yang biasa dilakukan para pengusaha untuk mengembangkan bisnis mereka. Bagi mereka, kesempatan mendapatkan dana segar adalah sesuatu yang harus dimanfaatkan apabila ingin bisnisnya cepat berputar. Jika anda saat ini sedang mempertimbangkan untuk meminjam uang sebagai modal awal bisnis anda, anda berada di jalan yang benar. Tetapi ingat, anda pun tetap harus memperhatikan bagaimana cara anda mengembalikan uang itu dan membayar hutang anda. Perhitungkanlah dengan baik jumlah hutang dengan kemampuan finansial anda. Jangan sampai anda tidak mampu membayar tunggakan hutang anda karena uang anda tidak cukup.

bagaimana cara melunasi hutang

  1. Untuk membayar hutang anda yang lain

Banya orang yang ingin meminjam uang dengan tujuan menutupi hutang mereka sebelumnya dan mendapatkan kelonggaran waktu lagi untuk mencari uang yang dapat mereka pergunakan untuk melunasi hutangnya. Orang-orang biasa menyebut ini sebagai sistem “gali-tutup” lubang. Sebenarnya, sistem seperti ini tidak saya rekomendasikan untuk anda gunakan, karena tidak akan menyelesaikan hutang anda sama sekali. Bahkan, ada kemungkinan hutang anda bertambah banyak jika anda tidak cermat dalam meminjam. Namun apabila tenggang waktu bayar hutang anda sudah dekat dan anda belum mampu membayar hutang anda, anda bisa menggunakan cara ini untuk dapat memperpanjang jangka waktu anda membayar. Tapi satu hal yang harus anda ingat, anda tidak boleh terus-menerus menggantungkan harapan anda kepada cara ini karena hal ini bukanlah sebuah solusi untuk menyelesaikan hutang anda.

Ketiga cara diatas adalah beberapa situasi dimana anda diperbolehkan berhutang, namun anda pun harus tahu bagaimana cara melunasi hutang-hutang anda tersebut. Jangan sampai hutang-hutang tersebut menenggelamkan anda kedalam himpitan tagihan, dan cermat-cermatlah dalam meminjam!

Dio Handrian

Leave a Reply