Penjelasan Mengenai Asuransi Kesehatan di Indonesia, Wajib Tahu

Penjelasan Mengenai Asuransi Kesehatan di Indonesia, Wajib Tahu

Bisnis, Investasi

Saat ini, sudah banyak perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia baik itu milik Negara maupun milik swasta. Asuransi kesehatan memiliki pelayanan dan fungsi sebagai pelindung atau penjamin atas resiko kesehatan yang ditimbulkan di masa depan, seperti kecelakaan atau sakit. Masyarakat yang menggunakan jasa asuransi akan terlindungi dengan produk jaminan kesehatan yang telah dipilih.

Produk kesehatan yang dipilih pun harus berdasarkan pertimbangan yang matang dan sesuai dengan kebutuhan nasabah dan keluarganya. Karena beda jenis produk asuransi beda pula manfaatnya, demikian pula jika berbeda perusahaan asuransi maka beda pula manfaat dan produk yang akan ditawarkan. Berikut adalah produk asuransi kesehatan yang biasa ditawarkan ke masyarakat:

Asuransi Kesehatan Tradisional dan Non Tradisional (Unit Link)

  dan perlindungan yang diberikan bisa berupa perlindungan berkala atau berjangka, bahkan perlindungan seumur hidup. Pilihlah asuransi kesehatan berdasar reputasi perusahaan, kebutuhan, dan kemampuan kalian sebagai calon nasabah.

Asuransi Kesehatan Umum (Konvensional) dan Syariah

asuransi kesehatan di Indonesia

Di Indonesia, selain didominasi oleh asuransi kesehatan konvensional, sekarang telah hadir asuransi kesehatan syariah yang tumbuh dan mulai berkembang di mana-mana. Perusahaan asuransi konvensional saat ini juga mulai menawarkan beberapa manfaat yang hampir sama dengan asuransi kesehatan syariah. Jika berbicara mengenai pertimbangannya, tentu berkaitan dengan perkembangan umat muslim yang mengalami peningkatan akan kebutuhan transaksi syariah.

Di asuransi kesehatan syariah, risiko dibagi kepada pemegang polis. Nasabah membayar premi yang telah akan dikumpulkan dalam rekening nasabah secara bersama, dan dana ini menjadi milik nasabah masing-masing, bukan milik perusahaan asuransi kesehatan (sharing of risk). Sementara itu, di dalam asuransi kesehatan konvensional, risiko yang terjadi oleh pemegang polis di alihkan kepada perusahaan asuransi kesehatan (transfer of risk).

Itulah tips yang umum dan dapat diterapkan sebelum kalian membeli asuransi kesehatan di Indonesia. Dapat pula diketahui bahwa sumber utama dalam pembiayaan kesehatan di Indonesia secara umum berasal dari pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam bentuk pembiayaan langsung (fee for service) dan asuransi, serta dari sumber-sumber lain dalam bentuk hibah atau pinjaman dari luar negeri. Diperkirakan pembiayaan kesehatan di masa depan akan semakin mahal, yang disebabkan oleh: Pertumbuhan ekonomi nasional yang mengakibatkan meningkatnya tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu; perkembangan teknologi kedokteran dan pertumbuhan industri kedokteran; kemampuan anggaran pemerintah semakin terbatas.

Biaya untuk kesehatan masyarakat bersumber dari asuransi kesehatan yang merupakan salah satu cara yang terbaik untuk mengantisipasi mahalnya biaya pelayanan kesehatan yang tidak lepas dari pertimbangan berikut:

  • Pemerintah dapat mendistribusikan sumber-sumber pendapatan dari sektor kesehatan.
  • Meningkatkan efisiensi
  • Memeratakan beban biaya kesehatan menurut waktu dan populasi yang lebih luas sehingga dapat mengurangi resiko secara individu.

Sudah jelas bahwa asuransi kesehatan saat ini berasal dari banyak sumber dana. Meskipun tidak semua masyarakan Indonesia memiliki asuransi, tapi saat ini seluruh rakyat Indonesia pastinya sudah memiliki asuransi kesehatan dari pemerintah yang sering disebut BPJS. Hanya berbeda sedikit sistem dan prosedurnya saja jika dibandingkan dengan asuransi milik swasta yang ada di Indoneisa.

Asuransi kesehatan di Indonesia memiliki unsur yang meliputi perjanjian, pemberian perlindungan, serta pembayaran premi oleh nasabah. Jenis asuransi kesehatan yang saat ini sedang berkembang di Indonesia, yakni: Asuransi kesehatan sosial (Sosial Health Insurance); Asuransi kesehatan komersial perorangan (Private Voluntary Health Insurance); dan Asuransi kesehatan komersial kelompok (Regulated Private Health Insurance).

Leave a Reply